Pengertian EMD dan brandable domain pada website/blog



EMD atau Exact-Match Domain adalah sebuah domain yang menggunakan kata kunci yang ditargetkan untuk mendapatkan ranking di mesin pencari.

Untuk soal EMD vs brandable domain sebenernya masih sering menjadi perdebatan di kalangan blogger. Ada yang berpendapat EMD lebih bagus karena dapat membantu meningkatkan ranking di mesin pencari, ada juga yang berpendapat kalau brandable domain jauh lebih bagus.

Misalnya sobat ingin menargetkan kata kunci “Cara Membuat Kue” nah sobat bisa menggunakan Exact-Match Domain “www.membuat-kue.com” ,Alasan pertama karena menurut saya Exact-Match Domain sudah tidak begitu berpengaruh besar terhadap ranking di mesin pencari, khususnya Google.

Sedangkan brandable domain adalah nama domain yang lebih mengutamakan branding ketimbang keyword. Contoh gampangnya seperti google.com, yahoo.com, facebook.com, dll.

Saya pribadi lebih memilih menggunakan brandable domain ketimbang menggunakan domain yang semata-mata untuk mengejar keyword.
Kedua karena Exact-Match Domain sangat identik dengan web-web spam dan juga web-web berkualitas rendah. Contohnya seperti website toko online tokopedia.com. Domain tersebut mengandung kata kunci “toko“, tapi tetep ada unsur brandingnya.

DAPATKAN UPDATE GRATIS: